Promovendus

:

Umu Salamah (1230016025)

Judul Disertasi

:

MODEL MEDIA KOMIK SEBAGAI SUPLEMEN PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KREATIVITAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Promosi

:

Jum'at, 12 April 2019, Pukul: 14.00 - 16.30 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
2. Dr. Usman, SS., M.Ag
.                                         

Penguji

 

:

 

1. Dr. Muqowim, M.Ag.                                 
2. Prof. Dr. Sangidu., M.Hum.                                                       
3. Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag               
4. Dr. Umi Baroroh, M.Ag                   

 

Abstraksi

 

:

 

Penelitian ini berjudul "Model Media Komik Sebagai Suplemen Pengajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Kreativitas di Madrasah Ibtidaiyah Daeah Istimewa Yogyakarta". Pengembangan buku Bahasa Arab pendekatan saintifik merupakan respon Kementerian Agama RI terhadap kebijakan kurikulum 2013. Namun demikian, buku belum sepenuhnya mengadaptasi ruh dari kurikulum 2013 yaitu kreativitas. Hal ini ditandai dengan buku ajar yg didesain dengan model pendekatan mata pelajaran. Buku dikembangkan scara top down sehingga visi misi madrasah dan pola berfikir peserta didik tidak terkafer dalam buku ajar. Idealnya buku didesain dengan model tematik sehingga mengadaptasi pola berfikir peserta didik, dan selaras dengan ruh dari kurikulum 2013. Dengan demikian penelitian ini mengkaji mengenai kebijakan pengembangan buku ajar Bahasa Arab dan mengembangkan alternatif model media pembelajaran yang selaras dengan pola berfikir peserta didik MI kelas bawah serta selaras dengan tujuan kurikulum 2013 yaitu membekali kreativitas peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian R and D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan bantuan software SPSS 17.

Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan buku ajar mata pelajaran Bahasa Arab Madrasah ibtidaiyah bersifat top down. Model media  komik adalah model yang tepat bagi pengembangan media ajar Bahasa Arab dengan pendekatan kreativitas di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Adapun pengembangan media ajar berupa komik disimpulkan efektif meningkatkan prestasi Bahasa Arab siswa.

Bahasa Arab, Media Komik, Anak