Promovendus

:

M. Junaid (09.3.792/BR)

Judul Disertasi

:

MODEL SERTIFIKASI GURU PAI PROFESIONAL DALAM JABATAN DAN PRA JABATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA JAMBI

Promosi

:

Senin, 22 April 2019, Pukul: 10.00 - 12.30 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Muktar, M.Pd.
2. Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si.                                 
2. Dr. Sumedi, M.Ag.                                                      
3. Dr. Istiningsih, M.Pd.               
4. Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.                   

 

Abstraksi

 

:

 

M. Junaid “Model Sertifikasi Guru PAI Profesional Dalam Jabatan dan Pra Jabatan Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Jambi”.

Salah satu kebijakan pemerintah dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran di madrasah adalah menyertifikasi guru-guru sesuai Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005, agar guru lebih berkualitas menjalankan tugas dan pengabdiannya. Meski guru telah menjalani setifikasi untuk memenuhi kompetensi, namun belum semua guru memberi dampak positif dalam peningkatan mutu pembelajaran. Kasus demikian, tidak hanya terjadi pada guru di Madrasah Swasta, tapi juga prolem Madrasah Aliiyah Negeri di kota Jambi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui deskripsi manajemen dan efektifitas pelaksanaan PLPG di IAIN Jambi mendesain model PPG Guru PAI dalam jabatan, dan mendesain model PPG guru PAI pra jabatan.

Peneltian ini merupakan penelitian R&D yang dibatasi pada temuan model hipotetik. Pola penelitian yang dikategorikan R&D ini terdapat analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.

Temuan penenlitian ini: Pertama, Persepsi peserta PLPG yang diselenggarakan oleh IAIN Jambi Tahun 2014, tidak baik dari perspektif SDM pelatih, cukup baik dari perspektif keberadaan kurikulum, cukup baik dari persepektif implementasi kurikulum dan cukup baik dari perspektif fasilitas yang diselenggarakan oleh penyelenggara. Kedua, Program PLPG menjadikan kompetensi peserta PLPG dilihat dari pembentukan kompetensi Guru PAI program PLPG di IAIN Jambi, menunjukkan bahwa: (1) hasil tidak efektif sebanyak 86,7%; dan (2) hasil kurang efektif sebanyak 13,3%. Ketiga, unutk dapat menjustifikasi keberadaan PLPG dilaksanakan oleh IAIN Jambi pada tahun 2014 belum valid apabila berdasarkan persepsi peserta pelatihan saja, oleh karena itu peneltitian ini juga melakukan evaluasi PLPG dengan metode CIPPO yakni (1) Context, (2) Input, (3) Process, (4) Product, dan (5) Outcome. Keempat, model sertifiikasi guru PAI melalui program PLPG memakai paradigma Problem Solving (kasus Kurang Serius) dan Optimalisasi Kompetensi Guru. Hal ini dikarenakan peserta yang dididik atau dilatih adalah para guru yang telah memiliki pengalaman nyata di madrasah dan sekolah. Kelima, model Sertifikasi Guru PAI melalui PPG dalam Jabatan memakai paradigma Problem Solving (Kasusu Serius), optimalisasi kompetensi guru dan operasionalisasi inovasi baru. Keenam, model sertifikasi Guru PAI melalui PPG Pra Jabatan memakai Paradigma Profesionalisasi kinerja Guru. Alasanny adalah mahasiswa yang dididik atau dilatih adalah para calon guru professional, yang merupakan fresh graduatre dari S1.

Kata kunci: PLPG, CIPPO, PPG