Promovendus

:

Sudadi, M.Pd.I (1330016017)

Judul Disertasi

:

SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN (Studi Kasus di SMK Ma'arif Kebumen)

Promosi

:

Kamis, 02 Mei 2019, Pukul: 13.00 - 15.30 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Maragustam, M.A.
2. Dr. H. Karwadi, M.Ag.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.                                 
2. Dr. Arif Rohman, M.Si.                                                      
3. Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A.               
4. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.                   

 

Abstraksi

 

:

 

Penelitian ini berawal dari anggapan umum bahwa sebagian besar generasi Indonesia didominasi Muslim, bersekolah di sekolah negeri dan bukan di Madrasah, sedangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan kepada siswa Muslim di sekolah umum hanyalah ajaran Islam dogmatis, akibatnya, banyak siswa muslim dari sekolah negeri memiliki pemahaman-pemahaman yang kurang terhadap agama dan mereka tidak mengerti dengan sempurna (kaffah); aspek kognitif hanyalah sebuah prioritas dalam diskusi. Untuk mempraktekkan dan menghargai kepercayaan Islam (Aqidah) dan moral, kedua hal tersebut jauh dari harapan. Oleh karena itu, pendidikan Islam di sekolah umum dari sekolah dasar hingga sekolah menengah harus mendapat pengembangan, modifikasi, inovasi dan program pembelajaran tambahan sehingga tujuan integral pendidikan Islam dapat tercapai. System pembelajaran yang lebih optimal dapat dilakukan pelajaran PAI yang lebih luas di sekolah umum. Program Sekolah Berbasis Pesantren diluncurkan di sekolah umum merupakan salah satu program pelibatan Program yang diluncurkan di sekolah negeri merupakan upaya untuk menciptakan siswa dengan karakter moral. Artinya dalam konteks agama Islam bias disebut moralitas karimah. Pertanyaannya tergantung pada mengenai implementasi dan efektifitas program pendidikan berbasis pesantren. Studi ini menitik beratkan objek-objek di SMK Ma’arif yang telah melaksanakan program ini sejak tahun 2013 di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah berbasis pesantren dengan menguraikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program sistem pembelajaran pendidikan agama islam berbasis pesantren. Pendekatan analisis bersifat naturalistik dengan melakukan diskusi secara komprehensif dan deskriptif pada fokus penelitian dalam sistem pendidikan terpadu, dengan metode ovservasi, wawancara dan dokumentasi, dilanjutkan dengan menguji validitas data melalui interaksi yang sering dilakukan dengan sumber primer, melakukan observasi lebih rajin dan uji triangulasi konduksi. Selain itu penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis kasus silang dan penalaran komparatif dan induktif untuk processing, pembahasan dan analisis temuan.

 

Kata Kunci : Sistem Pendidikan Agama Islam, Pesantren.