Promovendus

:

Zainul Arifin (1330016026)

Judul Disertasi

:

MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PAI PASCA SERTIFIKASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN MAGETAN

Promosi

:

Senin, 06 Mei 2019, Pukul: 10.00 - 12.30 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
2. Dr. H. Karwadi, M.Ag.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Dr. Mustadin, S.Psi., M.Si.                                 
2. Dr. Arif Rohman, M.Si.                                                      
3. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.               
4. Prof. Drs. H. Sarbiran, M.Ed., Ph.D.                   

 

Abstraksi

 

:

 

Penelitian ini membahas permasalahan: 1. Bagaimana bentuk kebijakan sertifikasi guru di Indonesia sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru; 2. Bagaimana manajemen pengembangan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Kabupaten Magetan Jawa Timur; 3. Bagaimana dampak pengembangan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Kabupaten Magetan Jawa Timur terhadap peningkatan kompetensi guru madrasah.

Penelitian ini dilakukan di tiga MAN se-Kabupaten Magetan, yaitu: MAN Takeran, MAN Panekan dan MAN Temboro. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif terhadap data-data lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, sertifikasi guru di Indonesia dilaksanakan empat jalur, yaitu: a. pemberian sertifikat pendidik secara langsung (PSPL); b. portofolio (PF); c. Pendidikan dan latihan guru (PPG). Kedua, manajemen pengembangan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi di MAN se-Kabupaten Magetan Jawa Timr melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan peningkatan komptensi guru PAI pasca sertifikasi adalah penilaian kinerja guru (PKG), pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PKB), studi lanjut, dan publikasi ilmiah. Pengorganisasian pengembangan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi melalui pembelajran, selanjutnya evaluasi harus dilakukan oleh guru sendiri sebagai barometer untuk mengukur kemampuannya.

Pelaksanaan pengembangan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi dengan memperbaiki diri dengan mengikuti kegiatan MGMP PAI, program yang direncanakan Pemerintah maupun Madrasah, dan pengawasan pengembangan profesionalisme guru diserahkan kepada kepala madrasah sebagai pimpinan dan penanggung jawab teringgi di madrasah dan pengawas madrasah yang berwenang memberikan penilaian kinerja guru PAI pasca sertifikasi. Ketiga, dampak pengembangan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi adalah peningkatan komptensi a. pedagogik, b. keperibadian, c. sosial dan d. professional. Pengembangan profesionalisme guru PAI pasca sertifikasi di MAN se-Kabupaten Magetan di dukung oleh a. pemerintah, b. sarana prasarana sekolah, c. kepala madrasah dan d. usaha guru sendiri untuk mengembangkan profesionalismenya


 

Kata kunci: Manajemen, Profesionalisme, Guru PAI, Sertifikasi..