Promovendus

:

Asdlori (07.3.634/BR)

Judul Disertasi

:

KEBERAGAMAN DAN POLA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 MAGELANG JAWA TENGAH

Promosi

:

Selasa, 07 Mei 2019, Pukul: 10.00 - 12.30 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
2. Prof. Dr. Hj. Darmiyati Zuchdi, M.S., Ed.D.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Dr. Sekar Ayu Aryani, M.A.                                 
2. Dr. H. Tasman, M.A.                                                      
3. Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.               
4. Dr. Muqowim, M.Ag.                   

 

Abstraksi

 

:

 

Keberagaman dan kemampuan akademik siswa merupakan bekal pokok dalam mendidik anak secara utuh. Keberagaman siswa adalah hasil dari pendidikan agama di sekolah, yaitu pendidikan yang memberikan penghetahuan, menanamkan keimanan, membentuk sikap dan kepribadian yang taat menjalankan ajaran agama, serta membentuk akhlak mulia peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya. Dari proses pendidikan tersebut, yang menjadi fokus masalah penelitian adalah bagaimana tingkat keberagaman siswa berprestasi dan bagaimana pola belajar siswa berprestasi, serta bagaimana peran keberagaman dalam pola belajar siswa berprestasi di SMA Negeri 1 Magelang Jawa Tengah. Dari fokus masalah tersebut, yang menjadi tujuan penelitian adalah menemukan tingkat keberagaman siswa, pola belajar siswa, dan peran keragaman dalam pola belajar siswa berprestasi.

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Magelang Jawa Tengah, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi. Pendekatan kualitatif di pilih untuk memahami keberagaman dan pola belajar siswa dengan setting alamiah, sehingga di peroleh pemahaman yang menyeluruh dan mendalam dalam konteks yang aktual. Metode fenomenologi dipilih untuk mencari makna terhadap fenomena keberagaman dan pola belajar siswa dalam konteks yang alamiah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian langsung turun ke lapangan dengan teknik observasi partisipan dan teknik wawancara mendalam. Analisis dilakukan secara induktif dengan model interaktif dan interpretatif, selama proses pengumpulan data dan setelah selesai pengumpulan data.

Temuan penelitan ini adalah: 1. Tingkat keberagaman yang tinggi pada siswa berprestasi adalah hasil pendidikan agama yang didukung oleh kultur keberagaman di sekolah dan kultur keberagaman di keluarga; 2. Pola belajar siswa berprestasi yang memiliki tingkat keberagaman tinggi dan prestasi akademik tinggi, adalah pola belajar disiplin-mandiri, pola belajar tekun-istikamah, pola belajar optimis-percaya diri, dan pola belajar pembiasaan-pembudayaan; 3. Nilai-nilai agama dalam keberagaman siswa memiliki peran penting sebagai landasan nilai dalam membentuk pola belajar siswa untuk berprestasi.

Hasil penelitian ini memiliki kontribusi pentingnya nilai-nilai agama menjadi landasan dalam pengembagan teori pendidikan yang menghidupkan, dan teori tentang kultur sekolah dan kultur belajar siswa untuk berprestasi dan berkarater sesuai penekanan kurikulum tahun 2013.


 

Kata kunci: keberagaman, siswa berprestasi, pola belajar, pendidikan agama islam