Promovendus

:

Fu'ad Arif Noor (1530016040)

Judul Disertasi

:

MANAJEMEN DIRI GURU BERPRESTASI: Studi Pengembangan Diri Guru Teladan Raudlatul Athfal (RA)di Yogyakarta

Promosi

:

Senin, 05 Juli 2019, Pukul: 13.30 - 15.00 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
2. Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Dr. Muqowim, M.Ag.                                 
2. Dr. Sukiman, M.Pd.                                                      
3. Prof. Dr. Farida Hanum, M.Si.             
4. Prof. Hj. Darmiyati Zuchdi, MS., Ed.D.                   

 

Abstraksi

 

:

 

Penelitian ini dilakukan untuk megetahui kinerja guru RA berprestasi, mengetahui pengembangan diri guru RA berprestasi yang menjadi kunci keberhasilannya, dan mengetahui manajemen diri guru RA berprestasi di Yogyakarta yang mampu menjadi teladan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan psikologis yang dilakukan langsung kepada subjek yang diteliti, guna memperoleh semua data yang berkaitan dengan manajemen diri guru berprestasi sehingga dalam pengembangan diri menjadi guru teladan bagi sesama guru. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data meliputi mereduksi  data, menyajikan, menarik kesimpulan dan memverifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi.

Hasil penelitian mengungkapkan tiga hal penting. Pertama, kinerja guru RA berprestasi di Yogyakarta terlihat dari aktifitasnya berada di RA, baik di dalam kelas selama pembelajaran berlangsung, keberadaannya dalam lingkungan RA maupun di luar dalam berinteraksi sosial kemasyaraktan, senantiasa peduli dan selalu menasehati peserta didik, secara total dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Kedua, pengembangan diri menjadi kunci keberhasian guru RA berprestasi di Yogyakarta utamanya memiliki rasa percaya diri tinggi, disiplin, bersikap terbuka, selalu belajar dari pengalaman dan semangat belajr mencari ilmu ke RA-nan, menghargai waktu, berupaya untuk memperoleh apa yang menjadi keinginannya, menghargai diri pribadi dan orang lain, dan memiliki dorongan semangat tinggu untuk berprestasi.

Ketiga, manajemen diri guru RA berprestasi di Yoygkarta berprinsip meningkat secaa efisien, efektif dalam produktivitas kerja, dan berfungsi untuk menumbuhkan karakter dan komptensi diri berubah lebih baik dan menjadi pembiasaan diri dalam rutinitas keseharian, serta pengaruh pengembagan diri terhadap kinerja guru RA berprestasi di Yogyakarta mampu memberikan kekuatan dan menghasilkan etos kerja yang disebut dengan kerja keras, dan kerja cerdas, serta kerja ikhlas yang bisa menumbuhkan perilaku positif, produktif, maupun kontributif.

 

Kata kunci: Manajemen, pengemban diri, guru RA berprestasi