Promovendus

:

Nur Asiah (1430017008)

Judul Disertasi

:

SIKAP KEBERAGAMAAN MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR ISLAM (Studi Kasus di SDIT Muhammadiyah, SD Trisukses, dan MI Nahdlatul Ulama di Bandar Lampung).

Promosi

:

Jum'at, 06 Desember 2019, Pukul: 09.00 - 11.00 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Syaiful Anwar, M.Pd.
2. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Prof. Dr. Marhumah, M.Pd                                 
2. Prof. Dr. H. Chairul Anwar, M.Pd.                                                      
3. Prof. Dr. Anik Ghufron, M.A.             
4. Dr. H. Sukiman, M.Pd.                   

 

Abstraksi

 

:

 

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya sikap keberagamaan multikultural dimiliki peserta didik agar mampu mengarahkan cara berpikir dan bertindaknya sesuai dengan nilai-nilai agama yang dianutnya dalam kehidupan pribadi maupun sosial, sehingga senantiasai bersikap terbuka, mau menerima perbedaan yang ada, menghormati kelompok yang berbeda dengannya, dan hidup berdampingan dengan penuh kedamaian. Hasil prasurvey ditemukan bahwa masih ada peserta didik di lembaga pendidikan dasar Islam menunjukkan sikap keberagamaan multikultural yang kurang baik. Rumusan masalahnya adalah (1) seberapa besar tingkat sikap keberagamaan multikultural peserta didik?, (2) faktor-faktor apasajakah yang mempengaruhi sikap keberagamaan multikultural peserta didik?, dan (3) bagaimana upaya sekolah membangun sikap keberagamaan multikultural peserta didik?. Tujuan utama penelitian adalah untuk memaparkan dan menganalisis sikap keberagamaan multikultural peserta didik dan upaya pembentukannya. Penelitian menggunakan mix method yaitu metode kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan, dengan sumber data seluruh informan di SDIT Muhammadiyah, SD Trisukses, dan MI Nahdlatul Ulama yang memahami tentang masalah penelitian dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Pengumpulan data melalui teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang hasilnya kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini adalah (1) Sikap keberagamaan multikultural peserta didik di SDIT Muhammadiyah, SD Trisukses, dan MI Nahdlatul Ulama Bandar Lampung pada umumnya dikategorikan sedang dengan persentase 64% dari 225 peserta didik. (2) faktor pembentuk sikap keberagamaan peserta didik merupakan kolaborasi dari pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (3) upaya sekolah membangun sikap keberagamaan multikultural peserta didik antara lain: integrasi materi, merekontruksi pengetahuan, memperkecil prasangka, pendidikan berkeadilan, dan pemberdayaan kultur sekolah.