Promovendus

:

Sri Hartini (15300016008)

Judul Disertasi

:

PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KABUPATEN KLATEN

Promosi

:

Senin, 16 Desember 2019, Pukul: 14.00 - 15.30 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. H. Maragustan, M.A.
2. Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Prof. Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag                                 
2. Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.                                                      
3. Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum.             
4. Dr. Sri Sumarni, M.Pd.                   

 

Abstraksi

 

:

 

Karakter adalah tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan dan akhlak yang ada pada diri seseorang. Selain itu karakter juga diartikan sebagai kepemilikan akan hal-hal yang baik. Kebaikan tersebut seperti kejujuran, keberanian, keadilan, dan kasih sayang. Pendidikan karakter adalah usaha sengaja/ sadar untuk mewujudkan kebajikan, yaitu kualitas kemanusiaan yang baik secara objektif, bukan hanya baik untuk individu perseorangan, tetapi juga baik untuk masyarakat secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk:

1. Mengetahui permasalahan pendidikan karakter dilihat dari segi pendekatan mikro, meso, dan makro

2. Mengetahui implementasi pendidikan karakter menurut tiga pendekatan mikro, meso, dan makro tersebut

3. Mengetahui alasan perlunya pendidikan karakten dilakukan di MTs Negeri Kabupaten Klaten

4. Mengetahui hasil implementasi dari pendidikan karakter menurut tiga pendekatan mikro, meso, dan makro

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru Bimbingan Konseling dan siswa. Teknik pengumpulan data  berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat permasalahan terkait karakter siswa pada madrasah di Kabupaten Klaten dilihat dari segi pendekatan mikro, meso dan makro. 2) Implementasi segi mikro dilakukan oleh steakholder madrasah, segi meso dengan cara membangun kultur madrasah, sedang segi makro bekerja sama dengan orang tua wali murid. 3) Pendidikan karakter perlu dilakukan di MTs Negeri Kabupaten Klaten karena masih ada siswa yang melakukan penyimpangan perilaku 4) Hasil implementasi pendidikan karakter yang telah dikembangkan masing-masing memberikan kontribusi kepada madrasah yaitu meningkatnya karakter siswa yang lebih baik.

 

Kata Kunci: Karakter, Pendidikan Karakter