Promovendus

:

Prabowo Adi Widayat, M.Pd.I (1430016013)

Judul Disertasi

:

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KECERDASAN INTERAKTIF DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG.

Promosi

:

Kamis, 23 Januari 2020, Pukul: 09.00 - 11.30 WIB.
Aula Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga
     

Promotor

:

1. Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.A.
2. Dr. H. Tulus Musthofa, Lc., M.A.
                                         

Penguji

 

:

 

1. Prof. Dr. Hj. Farida Hanum, M.Si.                                 
2. Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.                                                      
3. Dr. H. Hisyam Zaini, M.A.             
4. Dr. H. Zaenal Arifin Ahmad, M.A.                   

 

Abstraksi

 

:

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran bahasa Arab berbasis kecerdasan interaktif bagi para siswa MAN 1 Bandar Lampung. Selain itu juga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran yang dikembangkan melalui peningkatan kompetensi interaktif dan komunikatif bahasa Arab setiap siswa.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan dengan menggunakan prosedur 4D (define, design, develop, dan dessiminate) yang digagas oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Subjek penelitian adalah para siswa MAN 1 Bandar Lampung yang mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Jenis data penelitian yang didapatkan adalah bersifat kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner. Sedangkan untuk kompetensi interaktif dan komunikatif setiap siswa diperoleh dari rangkaian pre test dan post test yang kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bahasa Arab berbasis kecerdasan interaktif (MPBA-BKI) mendapatkan nilai 80,56 % yang berarti layak dan lulus uji validasi dengan didasarkan batas minimum nilai yang ditetapkan bersama yaitu 75 %. Adapun hasil uji eksperimen yang dilakukan di dua kelas menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata kelas yakni 88,42 untuk kelas eksperimen dan 75,94 untuk kelas kontrol. Kemudian untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol digunakanlah uji beda (T test)  yang hasilnya menunjukkan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 dan < 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran bahasa Arab berbasis kecerdasan interaktif dapat meningkatkan dan mengefektifkan kompetensi komunikatif dan interaktif setiap siswa dalam kelas eksperimen.

 

Kata Kunci: Model  Pembelajaran, Kecerdasan Interaktif, Kompetensi Interaktif dan Komunikatif