Drs. Moh. Pribadi, MA., M. Si., (53 tahun) mengatakan, Ibn. Khuldun bisa dikatakan sebagai orang pertama yang merintis ilmu sosial lima abad sebelum renaisance. Diskripsi  Ibn. Khuldum yang didasarkan pada fakta sosial menunjukkan bahwa gagasan keilmuan  yang dibangunnya senantiasa didasarkan pada data empiris, yang dikemudian hari dikenal dengan istilah madzhab positivistis. Lebih Indahnya lagi, gagasan-gagasan pemikiran Ibn. Khuldun selalu mengkaitkan relevansinya dengan al Qur’an dan Hadis sebagai doktrin agama. Sementara, gagasan keilmuan sosial Ibn. Khuldum didasarkan pada analisisnya yang mendalam tentang kehidupan masyarakat Badui dan Hadlar. Hasil Analisis Ibn. Khuldum menunjukkan bahwa, Masyarakat Nomad Badui memiliki struktur dan kekhususan sosial seperti; kedekatan dengan kebajikan, kehangatan jalinan, dan keseragaman. Masyarakat Hadlar memiliki stuktur dan kekhususnnya seperti pluralis, prakmatis dan hedonis. Dari sisi gaya hidup, masyarakat Badui tampak lebih dinamis, daripada masyarakat Hadlar. Badui diwarnai oleh cara hidup berpindah dari satu tempat ke tempat lain (harakah daimah) yang membuatnya menjadi cerdas dalam menyusun visi, misi, program dan target yang akan dicapai dalam kehidupan. Kekhasan Badui juga tercermin dalam kesiapan perbekalan hidup, yang tidak dimiliki oleh masyarakat Hadlar. Karena masyarakat Hadrar hanya disibukkan dengan kemakmurannya, dengan aktifitas pembangunan kota dan pendirian masyarakat sipil.

Selengkapnya...

Drs. Moh. Pribadi, MA., M. Si., (53 tahun) mengatakan, Ibn. Khuldun bisa dikatakan sebagai orang pertama yang merintis ilmu sosial lima abad sebelum renaisance. Diskripsi  Ibn. Khuldum yang didasarkan pada fakta sosial menunjukkan bahwa gagasan keilmuan  yang dibangunnya senantiasa didasarkan pada data empiris, yang dikemudian hari dikenal dengan istilah madzhab positivistis. Lebih Indahnya lagi, gagasan-gagasan pemikiran Ibn. Khuldun selalu mengkaitkan relevansinya dengan al Qur’an dan Hadis sebagai doktrin agama. Sementara, gagasan keilmuan sosial Ibn. Khuldum didasarkan pada analisisnya yang mendalam tentang kehidupan masyarakat Badui dan Hadlar. Hasil Analisis Ibn. Khuldum menunjukkan bahwa, Masyarakat Nomad Badui memiliki struktur dan kekhususan sosial seperti; kedekatan dengan kebajikan, kehangatan jalinan, dan keseragaman. Masyarakat Hadlar memiliki stuktur dan kekhususnnya seperti pluralis, prakmatis dan hedonis. Dari sisi gaya hidup, masyarakat Badui tampak lebih dinamis, daripada masyarakat Hadlar. Badui diwarnai oleh cara hidup berpindah dari satu tempat ke tempat lain (harakah daimah) yang membuatnya menjadi cerdas dalam menyusun visi, misi, program dan target yang akan dicapai dalam kehidupan. Kekhasan Badui juga tercermin dalam kesiapan perbekalan hidup, yang tidak dimiliki oleh masyarakat Hadlar. Karena masyarakat Hadrar hanya disibukkan dengan kemakmurannya, dengan aktifitas pembangunan kota dan pendirian masyarakat sipil.

Selengkapnya...

Nelayan Mandar memiliki ritual laut, yang terkait dengan penghidupannya di laut, kepercayaannya terhadap penguasa alam semesta (Allah SWT), alam gaib dan hal-hal yang membahayakan di laut. Tuhan dan alam gaib menjadi pusat dari pelaksanaan ritual. Nabi khidir direpresentasikan sebagai penguasa laut. Tujuan utama dari ritual nelayan Mandar adalah untuk mendapatkan rezeki yang memadahi, perlindungan dari Tuhan agar terhindar dari bahaya laut (kawao, badai, hantu laut dan sebaginya). Demikian juga untuk mendapatkan barokah dari Allah SWT. Ritual dibagi 3: Ritual konstruksi (ritual pembuatan perahu hingga penurunan awal perahu ke laut). Ritual produksi (ritual sebelum melaksanakan pekerjaan melaut). Ritual distribusi (berupa upacara syukuran hasil tangkapan dan ritual syukuran awal bulan ramadhan).

Selengkapnya

Ujian Semester Genap tahun akademik 2012/2013 dilaksanakan pada tanggal 11 - 24 Juni 2013. Jadwal selengkapnya: